BEKAM BISA UNTUK MENYEMBUHKAN SYARAF KEJEPIT





Sunday, December 29, 2019


        BEKAM BISA UNTUK     MENYEMBUHKAN SYARAF                              KEJEPIT

 

Syaraf kejepit di pinggang jangan selalu di remehkan


Syaraf Kejepit di Pinggang Jangan Diremehkan
Mendengar kata syaraf kejepit mungkin yang di bayangkan orang adalah yang terjadi di bagian punggung (thorakal) saja.
Padahal tak selalu demikian. Dalam perkara syaraf terjepit bisa juga terjadi di ruas tulang leher yang di sebut servikal. Satu lagi yang justru paling sering terjadi adalah di punggung bawah itu terjadinya syaraf kejepit di pinggang.Semakin bertambah usia  di mulai sekitar usia 30 tahunan permukaan disk di tulang belakang semakin mengeras dan akibatnya jadi lebih tidak stabil dan mudah robek. Bahkan oleh gerakan yang ringan seperti mengangkat beban berat dengan teknik yang salah seperti membungkuk atau memutar pinggang.
Kelompok akar syaraf yang bersambung dengan tulang belakang bagian bawah di sebut sebagai cauda equina, karena mirip ekor kuda.
Meski jarang herniated disc atau melesetnya disk di tulang belakang di area ini, bisa membuat cauda equina bisa sangat membahayakan penderita.
Pembedahan darurat mungkin perlu dilakukan untuk mencegah kelemahan yang permanen atau kelumpuhan.
Salah satu akibatnya misalnya sciatica.
Sciatica adalah nyeri tak tertahankan yang muncul akibat saraf sciatica yang rusak atau terjepit di bagian punggung bawah.
Syaraf ini terletak di punggung bawah hingga ke kaki, tepatnya di bawah lutut.
Pencegahan Serangan Syaraf Kejepit di Pinggang


Begitu syaraf kejepit terjadi dan gejalanya muncul seperti nyeri punggung dan pinggang, mungkin Anda berpikir ini adalah rasa nyeri yang tak ada tandingannya.
Wajar saja, nyeri yang datang kadang membuat pengidap berpikir tak ada lagi yang bisa dilakukan. 


Untuk menghindarinya cobalah beberapa hal berikut.
 1. Lindungi punggung saat mengangkat benda berat. Misalnya dengan menekuk kaki dan bukan membungkukkan punggung.
Hindari gerakan menekuk pinggan saat mengangkat barang. Tekuk lutut Anda, dan lakukan sekuatnya.
 2.Pastikan Anda selalu berada dalam postur terbaik. Baik saat berdiri, duduk atau berjalan. Jaga bahu tegak tapi tak kaku, dagu di angkat sedikit, dan pusar masuk ke perut. Postur ini akan membantu mencegah nyeri punggung.

3. Olahraga rutin. Misalnya berenang, berjalan dan bersepeda statis. Mintalah saran dokter tentang apa saja yang bisa dilakukan.

4. Jaga berat badan ideal. Ini akan mencegah Anda untuk memberi tambahan berat ke punggung bawah Anda. Bayangkan orang yang mengalami kelebihan berat badan, biasanya tanpa sadar akan bergerak dengan postur melengkung kebelakang akibat berat beban tambahan berat badannya.

5. Jangan merokok. Merokok bisa meningkatkan risiko cedera disk di ruas-ruas tulang belakang. Ini Gejala Syaraf Kejepit di Pinggang yang Mungkin Anda Rasakan

Jika Anda terserang nyeri punggung bagian pinggang termasuk juga nyeri punggung bagian bawah mungkin Anda akan merasakan gejala ini.

1. Sakit di kaki.
Jika Anda mengalami syaraf kejepit di bagian punggung bawah, Anda mungkin akan merasakan keluhan yang khas. Yakni nyeri paling kuat terasa di bagian bokong, paha dan betis. Kadang juga mempengaruhi sebagian kaki.

2. Rasa kebas dan kesemutan.
Pengidap syaraf kejepit ada kalanya merasakan sensasi kesemutan atau kebas di area yang terhubung dengan syaraf di tulang belakang yang terjepit.

3. Rasa lemah.
Otot-otot menjadi lemah. Otot-otot yang di pengaruhi oleh syaraf yang terjepit di tulang belakang biasanya jadi ikut melemah.

Dalam kasus syaraf kejepit di pinggang, besar kemungkinan akan membuat kaki Anda jadi tak stabil. Anda jadi mudah tersandung atau punya kesulitan saat harus mengangkat atau menggenggam sesuatu. Namun juga jangan terpaku pada gejala-gejala tersebut. Ada beberapa kasus herniated disc atau syaraf kejepit yang tidak menimbulkan gejala khas yang dirasakan penderita. Kadang bagian syaraf yang terjepit hanya terlihat saat pemeriksaan X-Ray dan MRI dilakukan.
“Sebagai contoh saat bantalan sendi tulang belakang mengalami robekan atau bergeser, rasa nyeri yang dialami pasien sama dengan spasme otot di daerah tulang belakang. Menyakitkan dan terjadi di daerah yang sama. 
Temui Dokter Sesegera Mungkin.
Jika gejala seperti diatas terasa makin kerap terjadi, baik yang khas maupun karena Anda mudah terjerembab dan tak stabil saat berdiri dan bergerak, ada baiknya Anda segera menemui dokter.

Siapa Berisiko Paling Tinggi Terserang Syaraf Kejepit di Pinggang ?
Banyak pengidap yang tak bisa menyebut pasti apa penyebab kasus syaraf kejepit yang mereka alami. Selain akibat mengangkat beban dengan teknik yang salah, syaraf kejepit di pinggang juga bisa terjadi misalnya karena kejadian trauma seperti jatuh atau jatuh ke belakang.


Namun dua kasus ini bisa disebut jarang terjadi.

1. Orang dengan berat badan berlebih.
Terutama yang besar di area perut, akan menambah stres dan ketegangan di arena punggung bawah.

2. Risiko pekerjaan.
Orang dengan tuntutan pekerjaan yang tinggi di bagian punggung akan punya lebih banyak risiko. Gerakan mengangkat berulang, mendorong, menarik dan membungkuk sat bekerja meningkatkan risiko serangan syaraf kejepit di pinggang.

3. Mereka yang suka melakukan gerakan berulang.
Misalnya untuk bekerja, gaya hidup, olahraga yang bisa memberi tekanan tambahan di punggung bawah.

4. Cidera akibat aktivitas high Impact yang membuat disk menonjol, robek dan rusak.

5. Genetik.
Ada beberapa gen yang bisa membuat individu tertentu lebih berisiko mengalami penuaan pada disk di tulang belakangnya. Hanya saja para ahli sepakat masih perlu waktu untuk penelitian lebih lanjut.
Komplikasi Syaraf Kejepit di Pinggang.

Waspadai tanda-tanda kedaruratan berikut yang menuntut penanganan segera dari keluhan syaraf kejepit di pinggang  :

1. Gejala yang semakin memburuk.
Rasa nyeri, kebas, dan lemah yang semakin meningkat hingga Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas harian.

2. Masalah pencernaan dan kandung kemih. Orang dengan masalah di cauda equina mungkin mengalami mudah mengompol atau inkontinensia atau sebaliknya kesulitan untuk berkemih meski kandung kemih dalam kondisi penuh.

3. Saddle anesthesia adalah kondisi progresif di mana penderita mungkin kehilangan sensasi di area yang disebut saddle.
Yakni di paha, belakang paha, dan area rektum.



INFO :
WIJAYA BEKAM
TELP / WA : 0812 8471 3927

ALAMAT : 
JLN Dr SAHARJO SAWO IV
KELURAHAN MANGGARAI SELATAN
KECAMATAN TEBET
JAKARTA SELATAN


ALAMAT PRAKTEK :
JLN PELITA UTAMA
KELURAHAN JATI WARNA
KECAMATAN PONDOK MELATI
BEKASI JAWA BARAT

0 Response to "BEKAM BISA UNTUK MENYEMBUHKAN SYARAF KEJEPIT "

Posting Komentar